**KATHREEN HUTAYAH**

Minggu, 21 Oktober 2012

mendalami Strategy of Information Integration

apasih yang kalian ketahui tentang Strategy of Information Integration? jujur pertama mendengar SII saya ngga tau apa artinya itu. so, bagi anda-anda yang juga tidak tau apa itu SII atau Strategy of Information Integration mari kita belajar bersama :D

Strategy of Information Integration atau bisa di singkat dengan (SII),merupakan suatu metode yang biasa digunakan untuk perusahaan untuk strategi pengintegrasian sistem baik saat melakukan merger ataupun rekonstruksi perusahaan. Dari perngertiannya saja saya sudah pusing… maksdnya apa ya ?? (High language.. hehe..). tapi gak apa-apa saya akan coba menjelaskanya, dari referensi yang saya baca SII juga merupakan solusi agar saat mengintegrasikan antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil seimbang atau sesuai porsinya dengan kata lain jika perusahaan besar punya anak perusahaan dapat di kelola secara seimbang sesuai dengan porsi atau muatan yang ada pada masing-masing perusahaan. Biasanya metode ini biasa digunakan perusahaan jika tidak ada jalan lain.


nah, dari beberapa blog lain yang saya baca. SII memiliki 6 tahap, yaitu:

Tahap 1: Exploit Local Capabilities (Ekploitasi Kapabilitas Lokal)
Yaitu melakukan pengembangan maksimal terhadap kapabilitas sistem informasi masing-masing organisasi.

Tahap 2: Conduct Soft Integration (Lakukan Integrasi Tak tampak)
Yaitu masing-masing sistem informasi tetap melayani organisasi terkait dan dilakukan proses integrasi melalui penambahan komponen-komponen baru dari hasil diskusi beragam organisasi yang terlibat.

Tahap 3: Share Common Resources (Berbagi Pakai)
Yaitu saling berbagi sumber daya dari masing-masing organisasi guna mendapatkan hasil yang efisien dan optimal.

Tahap 4: Redesign Process Architecture (Mendesain ulang Arsitektur Proses)
Dalam melakukan tahap sebelumnya (tahap 3), berbagi sumber daya biasanya dapat dilakukan untuk kepentingan internal. Ketika merujuk pada kepentingan eksternal, maka perlu mendesain ulang agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Tahap 5: Optimize Network Infrastructure (Optimalkan Infrastruktur)
Rancangan aneka ragam proses baru yang dihasilkan dari tahap sebelumnya tidak serta merta berjalan efektif, efisien, optimal dan terkontrol dengan baik apabila tidak dilakukan penyesuaian pada infrastruktur organisasi yang ada. Dalam hal ini maka optimalisasi sistem informasi terintegrasi yang bercikal bakal pada masing-masing sistem informasi organisasi akan menghasilkan sebuah sistem dengan komponen lengkapnya seperti: perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur jaringan, sumber daya manusia, sistem database terpadu dan lain sebagainya.

Tahap 6: Transform Organization Landscape (Transformasi Organisasi)
Tahap terakhir yang akan dicapai sejalan dengan semakin eratnya hubungan antar organisasi adalah transformasi masing-masing organisasi. Transformasi yang dimaksud pada dasarnya merupakan akibat dari dinamika kebutuhan lingkungan eksternal organisasi yang memaksanya untuk menciptakan sebuah sistem organisasi yang adaptif terhadap perubahan apapun.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar